EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH ASUHAN KEGAWATDARURATAN DARURATAN MATERNAL DAN NEONATAL DI AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA TAHUN 2020
Kata Kunci:
e-learning, Askeb KegawatdarurataanAbstrak
Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka. Kendati begitu, pandemi ini mampu mengakselerasi pendidikan 4.0. Sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi (UGM, 2020). Pada
pembelajaran daring, pendidik dan peserta didik pada waktu yang sama berada dalam aplikasi atau platform internet yang sama dan dapat berinteraksi satu sama lain layaknya pembelajaran konvensional yang dilakukan selama ini. Sedangkan pada pembelajaran luring, pendidik melakukan pengunggahan materi melalui web, mengirim lewat surat elektronik (e-mail) ataupun
mengunggahnya melalui media sosial untuk kemudian dapat diunduh oleh peserta didik.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk Untuk mengetahui Efektifitas Pembelajaran E-learning pada mata kuliah Askeb Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal di Akademi Kebidanan Keris Husada Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survei . Objek penelitian adalah hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (google form ) mengenai hasil belajar dengan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian dan meninjau dari nilai akhir Askeb Kegawatdaruratan Maternal dan neonatal mahasiswa semester IV ( Empat) Angkatan 18. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa
Kebidanan Angkatan 18 semester IV (empat) yang bersedia mengisi Kkuesioner sebanyak 19 orang. Hasil nilai Askeb Kegawadaruratan Maternal dan Neonatal yang merupakan gabungan nilai dari dari nilai UTS , UAS, Absensi, Tugas dan Nilai Ujian Phantom yaitu sebanyak 18 orang mendapatkan nilai B ( 68-78). Dimana hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan elearning dianggap efektif . Diharapkan Ddosen selalu melakukan pengembangan dan inovasi saatproses belajar mengajar dengan menggunakan metode e-learning baik teori maupun praktik.