ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN MENARCHE PADA SISWI KELAS IV, V DAN VI DI MIT RAUDHLATUL ULUM DEPOK 2019.

Penulis

  • Dewi Puspita

Kata Kunci:

Menarche, Kesiapan Menarche, Siswi

Abstrak

Remaja yang akan mengalami menarche membutuhkan kesiapan mental yang baik. Kesiapan menghadapi menarche adalah keadaan yang menujukkan bahwa seseorang siap untuk mencapai salah satu kematangan fisik yaitu datangnya menarche. Remaja yang belum siap menghadapi menarche akan timbul keinginan untuk menolak proses fisiologis tersebut, mereka akan merasa haid sebagai sesuatu yang kejam dan mengancam, keadaan ini dapat berlanjut ke arah yang lebih negative, Hasil survei data awal dengan melakukan wawancara pada 5 siswi yang belum mengalami menarche, didapatkan bahwa 3 siswi mengatakan mereka belum siap mengalami menarche dikarenakan mereka belum memahami betul apa yang disebut dengan menarche dan mereka merasa cemas dengan crossectionalapa yang akan terjadi selama menarche.

Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan desain crosectional. Dari 5 Variabel hanya ada 3 variabel independen yang memiliki pengaruh yang bermakna dengan variabel devenden yaitu Pengetahuan, Pendidikan Terakhir Ibu dan Sumber Informasi.

Distribusi Frekuensi Berdasarkan Kesiapan Menghadapi Menarche paling banyak adalah yang Siap sebanyak 22 Responden ( 73.3 % ), Distribusi Frekuensi berdasarkan Usia paling banyak adalah Usia 10-12 tahun sebanyak 21 Responden ( 70 % ),Distribusi Frekuensi berdasarkan Pengetahuan adalah berpengetahuan baik sebanyak 22 responden ( 73.3 % ) , Distribusi Frekuensi berdasarkan Indeks Massa Tubuh paling banyak adalah yang memiliki IMT normal sebanyak 23 Responden ( 76.7 % ) , Distribusi Frekuensi berdasarkan Pendidikan Terakhir Ibu paling banyak termasuk Pendidikan Tinggi pada pendidikan terakhir ibu adalah sebanyak 19 Responden ( 63.3 % ) , Distribusi Frekuensi berdasarkan Sumber Informasi paling banyak adalah Sumber Informasi yang didapat responden adalah dari Orang Tua sebanyak 27 Responden ( 90% ).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-14

Cara Mengutip

Puspita, D. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN MENARCHE PADA SISWI KELAS IV, V DAN VI DI MIT RAUDHLATUL ULUM DEPOK 2019. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 27–38. Diambil dari https://ojs.akbidkerishusada.ac.id/index.php/jurnal-ilmiah-kesehatan/article/view/23

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama