ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA JAKARTA TAHUN 2020

Penulis

  • Lissa Syafnil
  • Syarini Novita

Kata Kunci:

pembelajaran, google classroom

Abstrak

Proses pembelajaran memiliki peran penting sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.Aagar tercipta pembelajaran yang bermakna tentunya harus mengoptimalkan pembelajaran yang lebih diarahkan pada aktivitas modernisasi. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah dampak pandemic COVID-19 yang kini mulai merambah ke dunia pendidikan, sehingga pemerintah berupaya untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan.selain itu pemerintah juga membatasi aktivitas manusia di luar rumah upaya membatasi interaksi antar banyak orang hal itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dengan adanya kebijakan tersebut maka sekolah menerapakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau pembelajaran daring (dalam jaringan). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dikaji lebih mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran google classroom di era pandemic COVID-19. Pada pelaksanaanya dilakukan pencarian gambaran dan deskripsi pada mahasiswa Akademi Kebidanan Keris Husada sejumlah 6 orang untuk dijadikan sebagai subjek penelitian dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 di Akademi Kebidanan Keris Husada meliputi (a) tujuan pembelajaran ini tercapai sesuai dengan kompetensi yang diharapkan(b) materi pelajaran: dosen memberikan materi dengan rinci, (c) media yang digunakan dosen berupa gambar dan video pembelajaran, (d) metode yang digunakan metode tanya jawab, (e) strategi mengajar guru dengan menyampaikan poin-poin penting. Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 di Akademi Kebidanan Keris Husada yaitu: (a) pembelajaran yang menarik, (b) media gambar dan video pembelajaran dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa. (c) faktor pendukung: motivasi dalam diri mahasiswa,bimbingan orang tua. (d) faktor penghambat: kurangnya manajemen waktu, keadaan rumah yang tidak kondusif, sebagaian mahasiswa masih terkendala akses internet, (e) kelebihan: lebih efektif, mahasiswa dapat belajar secara mandiri, (f)
kekurangan: kegiatan praktikum mahasiswa yang kurang. Kegiatan proses pembelajaran secara daring menggunakan Google Class Room dapat berjalan dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala yang dihadapai mahasiswa. Saran bagi Akademi Kebidanan Keris Husadayaitu pelaksanaan pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 sebagai langkah awal untuk mempersiapkan perubahan modernisasi serta diharapkan mampu menjadi alternatif bagi Akademi Kebidanan Keris Husada dalam mengatasi permasalahan pembelajaran terhadap perubahan lingkungan.Bagi mahasiswa yaitu belajarlah dengan serius, tetapkan manajemen waktu diusahan fokus dan konsisten selama pembelajaran berlangsung, hindari segala macam distraksi yang berpotensi menganggu proses belajar dan persiapkan teknologi yang dibutuhkan terutama siapkan jaringan internet yang baik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Syafnil, L., & Novita, S. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA JAKARTA TAHUN 2020. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3(1), 37–46. Diambil dari https://ojs.akbidkerishusada.ac.id/index.php/jurnal-ilmiah-kesehatan/article/view/30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama