FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA
Kata Kunci:
persepsi, pembelajaran jarak jauhAbstrak
Penyesuaian kebijakan pendidikan di masa Pandemi ini mempengaruhi kebijakan pada Perguruan Tinggi di Indonesia, dengan melakukan pengalihan perkuliahan tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dan untuk selanjutnya akan dilakukan evaluasi (Kemenag, 2020). Kelas online, merupakan salah satu bentuk penggunaan internet yang dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran. Hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) tahun 2016 menunjukkan bahwa kalangan mahasiswa merupakan pengguna internet terbesar di Indonesia sebesar 89,7%, namun akses terhadap laman pendidikan masih sangat kurang. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh perlu untuk dikaji lebih dalam dengan melihat respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran jarak jauh, sehingga perlu dapat diketahui bentuk pembelajaran jarak jauh yang
diinginkan oleh mahasiswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian ini adalah analitik, dengan rancangan penelitian yang dipakai adalah cross sectional. Populasi peneliti sebanyak 58 responden, karena populasi kurang dari 100, maka banyak sampel dengan sampel jenuh yaitu total populasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Akbid Keris Husada sebagian besar memiliki persepsi cukup tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah 27 responden (46,6%). Dari 3 variabel yang diteliti, yaitu alat elektronik yang digunakan, aplikasi yang disukai dan pemahaman mahasiswa tentang materi yang didapat, terdapat 1 variabel yang memiliki hubungan yang bermakna antara pemahaman mahasiswa tentang materi yang didapat dengan persepsi mahasiswa tentang pembelajaran jarak jauh, dengan nilai P value 0,002. Saran bagi Akademi Kebidanan Keris Husada Perlunya dikembangkan pembelajaran dengan mengkombinasikan Pembelajaran Jarak Jauh dengan model pembelajaran dan bahan ajar yang sesuai dengankarakterisktik materi, sehingga penggunaan PJJ dapat lebih maksimal.