HUBUNGAN PEMANFAATAN E-LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA TAHUN 2020

Penulis

  • Kurnia Dwi Rimandini Akbid Keris Husada
  • Yuni Purwatiningsih

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pandemi

Abstrak

Dalam keadaan seperti saat ini, dunia sedang diuji dengan suatu permasalahan kesehatan yaitu Pandemic Corona (Covid-19) ini yang sangat berpengaruh juga pada setiap aspek kehidupan salah satunya adalah bidang pendidikan yang mengharuskan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran di rumah dengan metode daring. Kondisi mahasiswa yang berbeda beda menjadikan output yang dihasilkan setiap orang juga berbeda beda, namun mahasiswa dituntut untuk paham seperti ketika melakukan perkuliahan seperti normal biasanya sehingga prestasi belajar yang dihasilkan dalam pembelajaran selama Pandemi Covid 19 tidak mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan E-Learning selama Pandemi Covid -19 dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Keris Husada pada tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan bersifat analitik dengan rancangan penelitian yang dipakai adalah cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Akademi Kebidanan Keris Husada TA. 2019/2020 sebanyak 56 orang menggunakan metode Total Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesionerdan data sekunder dengan menghitung estimasi nilai indeks prestasi mahasiswa. Data di analisis dengan uji Chi Square dan Uji Kendall’s Tau-b. Hasil penelitian didapatkan P value <? yaitu 0.007, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara pemanfaatan pembelajaran daring dengan prestasi mahasiswa dengan keeratan hubungan cukup kuat. Berdasarkan hasil ini disarankan kepada responden untuk meningkatkan pemanfaatan e-learning selama Pandemi Covid 19 sebagai salah satu faktor penunjang kelancaran proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil prestasi belajar mahasiswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Dwi Rimandini, K., & Purwatiningsih, Y. (2022). HUBUNGAN PEMANFAATAN E-LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA TAHUN 2020. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3(1), 30–36. Diambil dari https://ojs.akbidkerishusada.ac.id/index.php/jurnal-ilmiah-kesehatan/article/view/27