HUBUNGAN ANTARA ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA TAHUN 2019

Penulis

  • Kurnia Dwi Rimandini

Kata Kunci:

Anemia, Prestasi Belajar, Mahasiswa

Abstrak

Tantangan anemia pada remaja putri dari 37,1% pada Riskedas 2013 yang justru mengalami peningkatan menjadi 48,9% pada Riskesdas 2018, dengan proporsi anemia ada di kelompok umur 15-24 tahun dan 25-34 tahun. Anemia pada remaja berdampak buruk terhadap penurunan imunitas, konsentrasi, prestasi belajar, kebugaran remaja dan produktifitas. Metode penelitian yang dilakukan bersifat analitik, dengan desain observasional dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Kebidanan Keris Husada TA. 2018/2019 dengan sampel yang digunakan sebanyak 42 orang menggunakan metode Purposive sampling. Cara pengumpulan data dengan mengukur kadar haemoglobin menggunakan alat Hb digital Quick Check dan estimasi indeks prestasi semester genap. Data di analisis dengan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan P value < yaitu 0.014, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara anemia dengan prestasi belajar pada mahasiswa Akademi Kebidanan Keris Husada.Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada responden untuk memperbaiki dan mencegah status anemia dengan memperbanyak konsumsi pangan sumber zat besi dan mengkonsumsi suplementasi besi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-14

Cara Mengutip

Dwi Rimandini, K. (2022). HUBUNGAN ANTARA ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN KERIS HUSADA TAHUN 2019. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 18–26. Diambil dari https://ojs.akbidkerishusada.ac.id/index.php/jurnal-ilmiah-kesehatan/article/view/25